Senin, April 25, 2011

GERBANG LOGIKA - PART 1


GERBANG AND
Gerbang AND kadang – kadang disebut “gerbang semua atau tidak”. Gerbang ini bekerja seperti saklar yang dipasang secara seri, dengan keluarannya adalah sebuah lampu. Untuk menghidupkan lampu tersebut, satu-satunya cara adalah dengan memasangkan semua saklar pada keadaan tertutup. Karena jika salah satu saklar dalam keadaan terbuka, maka lampu tidak akan menyala. Atau seperti halnya saat kita mengalikan angka 1 atau 0. Agar hasil kalinya adalah 1, maka masukannya harus 1 juga.
Begitu juga pada gerbang AND, keluaran hanya akan bernilai logika 1 hanya jika semua masukan adalah 1. Simbol gerbang AND dua masukan adalah :

Sedangkan table kebenaran untuk gerbang AND 2 masukan adalah:

A
B
Y
0
0
1
1
0
1
0
1
0
0
0
1
*catatan: apabila terdapat table kebenaran yang tidak berisi nilai 0 atau 1, maka taber kebenaran tersebutbiasanya bertuliskan rendah atau tinggi. Rendah=0, sedagkan tinggi = 1.

Agar lebih mudah diingat, gerbang AND bernilai 1 jika kedua masukan bernilai 1.

GERBANG OR
Gerbang OR disebut juga sebagai “gerbang setiap atau semua”. Jika diasumsikan pada dua buah saklar, maka saklar tersebut harus dipasang secara parallel. Untuk menghidupkan lampu, paling tidak ada salah satu atau kedua saklar yang harus dalam keadaan tertutup. Atau jika diasumsikan pada sebuah operasi aritmatika, gerbang OR sama dengan penjumlahan angka 1 dan 0.
Simbol gerbang OR dengan dua masukan adalah:

Sedangkan table kebenaran dari gerbang OR adalah:

A
B
Y
0
0
1
1
0
1
0
1
0
1
1
1

Secara singkat, agar mudah diingat, gerbang OR hanya akan bernilai 0 jika semua masukannya 0.

GERBANG NOT
Jika pada 2 buah gerbang yang telah dijelaskan terdapat 2 buah masukan, maka pada gerbang NOT hanya terdiri dari 1 buah masukan. Gerbang NOT berarti tidak, atau negasi atau pembalik dari input.
Simbol dari gerbang NOT adalah:

Sedangkan untuk table kebenaran dari gerbang NOT hanya terdiri dari 2 kondisi, yaitu:

A
Y
0
1
1
0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please type your comment: