Rabu, Juni 08, 2011

CARA MENAMPILKAN FREKUENSI RESPON PADA PROTEUS

Postingan ini sebenernya buat nginget-nginget aja ilmu yang uda aku dapetin di kuliah, soalnya besok ada ujian praktek. OK deh, langsung aja…

1.        Yang pertama harus kita lakukan untuk menampilkan frekuensi respon tentunya adalah bikin rangkaiannya dulu.Misalnya kita ingin melihat frekuensi respon dari low pass filter orde pertama.

2.       Pilih "generator mode" di toolbox, pilih yang “SINE”. Terus generator SINE ini disambungin ke input dari komponen.   Untuk mengubah property, klik dua kali pada komponen ini. Misalnya, nama dari generator ini kita ubah menjadi “input”,dengan amplitude=1, frequency=1k, dan phase=0.
 klik pada gambar untuk memperbesar

3.       Pilih “voltage probe mode” pada Toolbox, pilih yang “SINE” juga, kemudian sambungkan dengan output dari rangkaian.  Klik dua kali untuk mengubah property voltage probe, misalkan namanya diubah menjadi “output”.
 klik pada gambar untuk memperbesar

4.       Pilih “Graph Mode”, pilih yang “Frequency”, tempatkan komponen tersebut di mana saja, bebas.
          Klik 2 kali pada grafik, sehingga muncul tampilan:
 klik pada gambar untuk memperbesar

         “Reference” pada property ini harus diubah dengan generator sumber, pada kasus ini misalnya adalah “input”. Kemudian klik OK.
5.       Klik kanan pada grafik, kemudian pilih “add trace”. Sehingga muncul gambar:
 klik pada gambar untuk memperbesar

       Pada Probe P1 pilih “input”, sedangkan pada probe P2 pilih “output”. (sebenarnya terserah mau ditempatkan dimana, asal expression yang ditulis harus sesuai).  Karena yang akan diamati adalah frekuensi respon, maka kita harus melihat gain dari komponen ini. Maka pada “expretion” ditulis : P2/P1 (rumus gain). Kemudian klik OK.

6.     Klik kanan pada grafik, pilih “simulate Graph”.
7.    Jadi deh, hasil tampilan frekuensi responnya adalah:
 klik pada gambar untuk memperbesar

Note:proteus yang saya gunakan adalah proteus 7.7
artikel terkait: menampilkan-timing-diagram-pada-proteus

2 komentar:

please type your comment: