Senin, Juni 13, 2011

WIRELESS APPLICATION PROTOCOL (WAP)


WIRELESS APPLICATION PROTOCOL (WAP)

WAP merupakan standard terbuka yang disediakan untuk mobile user dari terminal wireless seperti telepon wireless, pager, dan PDA akses ke telepon dan informasi servis. Wap di-design untuk bekerja dengan wireless network technologies seperti GSM, CDMA, dan TDMA. Hal ini menjadi dasar standar internet yang ada seperti IP, XML, HTML, dan HTTP.
WAP menjembatani wireless network dengan intenet dengan menyediakan protocol percakapan antara mobile network dengan IP network.

SPESIFIKASI WAP
1.       
1.       XML-type markup language, Wireless Markup Language (WML): mendukung teks dan gambar dengan formatting layout dan perintah. Document dibagi menjadi card dan deck .
2.       Microwebster: menetapkan bagaimana WML dan WMLScripts dijelaskan dalam wireless device. Microwebster yang ada pada mobile bekerja seperti halnya browser yang bekerja pada desktop.
3.       LightWeight Protocol Stack: protocol sesi wireless ekuivalen dengan HTTP dalam compressed format. Didisign untuk meminimalkan kapasitas bandwidth, untuk menjalankan program WAP.
4.       Framework for Telephony Aplication (WTA): menyediakan akses ke traditional telephony service menggunakan WML Scripts.
5.       Provisioning: mengizinkan service provider untuk merekonfigurasi mobile device menggunakan Short Messaging System (SMS), yang merupakan standar GSM.

WAP terdiri dari 3 elemen, yaitu : client, gateway, dan original server. Sebuah mobile yang memiliki fitur WAP akan mengirimkan URL request, rquest ini dienkode menjadi binary dan dikirim ke WAP gateway. WAP gateway mendekode request dan mengkonversinya ke bentuk HTTP request dan mengirimnya ke WEB server. WEB server akan mengirimkan respon ( baik berupa content WML maupun content HTTP) ke WAP gateway. WAP gateway mengencode content dan mengirimnya kea gen pengguna. Jika content berupa WML maka akan dienkode dan dikirim ke mobile, sedangkan jika berupa HTML akan dikonversi ke WML dahulu kemudian diencode dan dikirim.

Dengan demikian, WAP gateway memiliki 2 fungsi utama, yaitu:
1.       Pengkonversi Protokol antara WAP dan HTTP
2.       Encoding/decoding. Content diencode untuk dikirim dalam bandwidth yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please type your comment: