Kamis, Juni 09, 2011

MENAMPILKAN TIMING DIAGRAM PADA PROTEUS


Sama aja kayak nampilin frekuensi respon, nampilin timing diagram juga membutuhkan generator mode , voltage probe mode, dan Graph Mode. Bedanya pada frekuensi respon, yang digunakan adalah generator dan voltage probe “SINE”, sedangkan untuk menampilkan timing diagram, digunakan “DCLOCK”, selain itu, grafik yang harus ditampilkan harus mode “DIGITAL”. (artikel terkait: cara-menampilkan-frekuensi-respon-pada-proteus)

Setelah semua komponen itu ada, sebelum disimulasikan hal-hal yang harus dilakukan adalah (missal menampilkan timing diagram half subtractor):
 klik gambar untuk memperbesar

1.       Agar hasil grafik yang muncul sesuai dengan logika, setiap "generator clock" harus memiliki frekuensi yang berbeda, tapi dengan kelipatan yang tetap. Misalnya generator pertama frekuensinya 1kHz, generator ke 2 750Hz, generator ke-3 500Hz, dst. Atau Periodenya disesuaikan. Misalnya generator pertama 1, generator ke-2 2, generator ke-3 3.
  klik gambar untuk memperbesar

2.   Klik 2 kali pada grafik untuk menampilkan property, kemudian ubah stop time agar saat disimulasikan hasilnya tidak hanya berbentuk garis lurus. (catatan, stop time nilainya jagan terlalu kecil), klik OK
 klik gambar untuk memperbesar

2.       Klik kanan pada grafik, kemudian add trace, pada P1 pilih label yang ingin disimulasikan. Klik OK.
3.       Klik kanan, kemudian pilih add trace lagi, lakukan hal yang sama dengan no 2, sampai semua label diisikan pada grafik.
 klik gambar untuk memperbesar

4.       Setelah semua label dimasukkan ke grafik, klik kanan, kemudian pilih simulate graph.
5.       Jadi, hasilnya:
 klik gambar untuk memperbesar

note: diambil dari presentasi temenku tentang half adder, dimodif dikit jadi half subtractor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please type your comment: